Iklim Bisnis Indonesia

Dalam berbisnis dengan adanya prosedur yang baik dan transparan tentu akan menghasilkan hasil yang sangat baik. Tetapi Prosedur pengurusan izin yang berbelit-belit dan prasarana infrastruktur yang tidak memadai membuat iklim bisnis di Indonesia makin tak kompetitif.

Padahal kita tahu potensi di Indonesia sangat besar, terutama dalam sektor pariwisata. Indonesia sangat kaya akan keindahannya. Dalam hal itu, kita dapat memanfaatkannya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jika kita lihat negara sebelah, mereka sudah jauh mengungguli kita. Jika dilihat dari faktor produksi, sebenarnya kita memiliki potensi yang sangat besar tetapi tidak di integrasikan dengan baik.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia.

1. Perekonomian Indonesia

Dalam faktor perekonomian, kita tahu faktor tersebut sangat mempengaruhi bisnis di Indonesia. Jika perekonomian indonesia tumbuh dengan baik, investor-investor besar tentu akan menanam sahamnya di Indonesia. Sebaliknya, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang tidak baik atau terperosok, investor-investor tidak akan menanam sahamnya di Indonesia.

2. Tenaga Kerja Indonesia

Atau yang disebut juga sebagai TKI, disebut-sebut sebagai pahlawn negara karena mereka menghasilkan devisa yang cukup besar untuk negara. Tetapi kenyataannya, mereka dijadikan ajang pungutan liar bagi para pejabat atau agen terkait. Dan untuk saat ini, pungutan sudah dilarang.

3. Infrastruktur Fisik dan Sosial

adalah dapat didefinisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistim struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat.Sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik.Istilah ini umumnya merujuk kepada hal infrastruktur teknis atau fisik yang mendukung jaringan struktur seperti fasilitas antara lain dapat berupa jalan, kereta api, air bersih, bandara, kanal, waduk, tanggul, pengolahan ilmiah, perlistrikan, telekomunikasi, pelabuhan secara fungsional, infrastruktur selain fasilitasi akan tetapi dapat pula mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, distribusii aliran produksi barang dan jasa sebagai contoh bahwa jalan dapat melancarkan transportasi pengiriman bahan baku sampai ke pabrik kemudian untuk distribusi ke pasar hingga sampai kepada masyarakat. dalam beberapa pengertian, istilah infrastruktur termasuk pula infrastruktur sosial kebutuhan dasar seperti antara lain termasuk sekolah dan rumah sakit.bila dalam militer, istilah ini dapat pula merujuk kepada bangunan permanen dan instalasi yang diperlukan untuk mendukung operasi dan pemindahan.

4. Ketrampilan dan Pendidikan Tenaga Kerja

Faktor tersebut sangatlah penting dalam iklim bisnis Indonesia. Mengapa? karena dalam sebuah perusahaan tentu saja ada sekumpulan tenaga kerja yang menjalankan jalannya bisnis. Tenaga kerja tersebut harus dibekali ketrampilan dan pendidikan yang memadai agar pekerjaan dapat menghasilkan sebuah keuntungan yang diinginkan, jika tidak tentu akan menimbulkan kerugian bagi pemilik maupun tenaga kerja tersebut.

5. Tarif dan Administrasi Pajak

Tingginya tarif pajak akan menimbulkan lambatnya pertumbuhan ekonomi. Setiap usaha berupa bisnis tentu saja memiliki tanggungan yang berupa wajib pajak setiap usaha. Jika tarif pajaknya besar, investor atau pemilik perusahaan tentu akan berfikir 10 kali untuk menjalankan usahanya. Tentunya diharapkan pemerintah bisa mempelajari kembali tarif-tarif wajib pajak untuk dikurangkan tarifnya agar pertumbuhan ekonomi dalam sektor bisnis bisa berjalan dengan baik.

6. Pemerintahan yang Bersih

Faktor ini sangatlah penting dalam iklim bisnis Indonesia. Pemerintah yang bersih tentu akan membantu setiap usaha sesuai anggaran yang dimiliki pemerintah pusat maupun daerah. Tentu saja masyarakat ingin memiliki pemerintahan yang bersih dalam hal apapun khususnya korupsi, karena mereka sudah menyisihkan uang penghasilan mereka untuk membayar pajak.  Jika pemerintah bisa mengendalikan diri dalam kasus korupsi, iklim bisnis di Indonesia akan meningkat walaupun tidak naik secara segnifikan.

 

Sumber :

http://chubss-thepooh.blogspot.com/2010/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-iklim.html

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/17/04255592/Iklim.Bisnis.Makin.Tak.Kompetitif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s