Bisnis Internasional

Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain. Dalam Bisnis Internasional terdapat Perdagangan Internasional dan Pemasaran Internasional. Perdagangan Internasional adalah suatu perdagangan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok penduduk suatu negara dengan penduduk yang ada di negara lain atas dasar kesepakatan bersama. perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan ini disebabkan oleh faktor-faktor antara lain :
1. Pembeli dan penjual terpisah oleh batas-batas kenegaraan
2. Barang harus dikirim dan diangkut dari suatu negara kenegara lainnya melalui   bermacam peraturan seperti pabean, yang bersumber dari pembatasan yang dikeluarkan oleh masing-masing pemerintah.
3. Antara satu negara dengan negara lainnya terdapat perbedaan dalam bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, hukum dalam perdagangan dan sebagainya.

Pemasaran Internasional adalah suatu upaya yang dilakukan individu atau kelompok untuk memasarkan hasil produksinya diluar negeri. Dalam hal ini maka pengusaha akan terbebas dari hambatan perdagangan dan tarif bea masuk karena tidak ada transaksi ekspor impor. Dengan melaksanakan kegiatan produksi dan pemasaran di negeri asing maka tidak terjadi kegiatan ekspor impor. Produk yang dipasarkan dapat berupa barang dan/ atau jasa. Transaksi ini dapat ditempuh dengan cara:
– Licencing
– Franchising
– Management Contracting
– Marketing in Home Country by Host Country
– Joint Venturing
– Multinational Coporation (MNC)

Perbedaan dari Perdagangan Internasional dengan Pemasaran Internasional yaitu Perdagangan Internasional hanya memusatkan suatu proses pertukaran barang dan jasa di dunia atau pasar global. Sedangkan Pemasaran Internasional merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar global dengan barang dan jasa (standar) diberbagai negara kemudian menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen global dan mencapai tujuan perusahaan, yang kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih dari satu Negara.

Terdapat dua alasan mengapa setiap negara melaksanakan bisnis Internasional. Pertama, suatu negara ingin mendapatkan keuntungan dalam menjalankan bisnis internasional walaupun dengan banyaknya perbedaan peraturan antara negara yang satu dengan yang lain. Kedua, negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika setiap negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika negara tersebut mencoba untuk memproduksi segala jenis barang. Motif inilah dalam dunia nyata merupakan cerminan interaksi Bisnis Internasional.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Bisnis Internasional, yaitu :

– Fisik : Seperti unsur alam berupa topografi, iklim dan sumber alam. Faktor ini sangat mempengaruhi Bisnis Internasional karena suatu hasil yang diproduksi oleh produsen hampir keseluruhan bersumber dari alam.

– Politik : Elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk   pemerintahan, dan organisasi Internasional.

– Sosiokultural : Sikap, kepercayaan, pendidikan, dan lain-lain.

– Buruh/Tenaga Kerja : Komposisi, keahlian yang dimiliki buruh atau tenaga kerja sangan mempengaruhi hasil yang akan dipasarkan ke dalam dan luar negeri.

– Teknologi : Keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber-sumber diubah menjadi produk-produk yang bermanfaat.

– Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi  yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.

Sumber :

http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html

http://bugiskha.wordpress.com/2012/04/13/alasan-dan-manfaat-dari-perdagangan-internasional/

http://agusnuramin.wordpress.com/tag/perbedaan-bisnis-internasional-dan-pemasaran-internasional/

http://lismasetyowati.blogspot.com/2011/04/perdagangan-internasional.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s